Kamis, 29 Desember 2016

Tips Membeli Hardisk External



Sering kali kita mengalami masalah kekurangan tempat penyimpanan file-file kita yang sudah semakin banyak. Walaupun kita sudah mempunyai flashdisk yang dapat kita andalkan dalam menyimpan file-file kita, ternyata itu pun masih dirasa kurang. Apalagi bagi Anda yang suka menyimpan file-file besar seperti film-film kesayangan Anda, file audio, gambar atau file ukuran besar lainnya. Tentu kalau kita hanya mengandalkan flashdisk itu tak akan cukup. Flashdisk yang ada di pasaran sampai saat ini umumnya hanya 32-64 GB (ukuran umum maksimal yang sering digunakan), ukuran ini memang begitu kecil bagi Anda. Atau mungkin saat ini hardisk komputer atau laptopmu sudah full. Sehingga kamu tidak bisa lagi menaruh file dalam komputermu.
Jika Anda mengalami masalah seperti di atas, mungkin sudah saatnya Anda memikirkan untuk membeli External Hardisk (hardisk eksternal). Hardisk Eksternal adalah hardisk yang digunakan sebagai hardisk tambahan atau media penyimpanan tambahan pada komputer ketika komputer mengalami low space atau kehabisan daya tampung. Jangan anggap remeh masalah ini, karena apabila hardisk internal penuh maka akan berakibat komputer menjadi lambat karena beratnya beban yang ada pada hardisk internal untuk itu. Hardisk Eksternal digunakan sebagai media penyimpannan tambahan untuk menghindari masalah tersebut. Ukuran hardisk eksternal dampai saat ini sudah begitu besar udah mencapai Terra Byte (TB).
Bagaimanakah tips untuk membeli Hardisk ekternal yang cocok bagi Anda :
1. Yang pertama, sesuaikan dengan kebutuhan ukuran penyimpanan file Anda.
Ini sangat penting bagi Anda sebelum menentukan membeli hardisk eksternal. Cobalah untuk menghitung dan memperkirakan seberapa besar space yang Anda butuhkan untuk menyimpan file Anda. Jangan sampai ketika Anda membeli hardisk eksternal ternyata Anda kekurangan tempat(space) sehingga banyak file Anda yang tidak terakomodir. Saran saya belilah hardisk eksternal dengan space yang lebih besar dari kebutuhan Anda. Toh nanti ketika itu berlebihan bisa Anda gunakan untuk menyimpan file selanjutnya.
2. Berhati-hatilah dengan barang re-kondisi.
Di zaman sekarang ini banyak barang-barang elektronik yang dijual dengan harga yang tidak masuk akal. Dimana barang-barang ini dijual dengan harga yang sangat murah. Tak terkecuali hardisk eksternal, bisa saja ketika Anda membelinya karena tertarik dengan harga murah ternyata itu barang re-kondisi, kan jadi rugi bagi kita. So Anda perlu berhati-hati, teliti dengan benar sebelum membeki.
3. Pilihan Socket/Port UBS 3.0 vs 2.0
Ini buat golongan HDD Eksternal, USB 3.0 bisa lebih cepat dari pada 2.0 kalau socket/port ke komputernya juga mendukung (HDD usb 3.0 dicolok ke komputer yg usb 2.0 tidak bakalan lebih cepat dari HDD yg usb 2.0)
4. Fitur Recovery
Pilihlah Harddisk eksternal yang dilengkapi dengan fitur backup and recovery. Fitur ini sangat berguna di saat file-file Anda mengalami kerusakan atau korup data akibat hilangnya asupan listrik secara tiba-tiba, atau pun akibat serangan virus. Melalui fitur recovery, Anda akan bisa memulihkan data yang hilang/rusak.
5. Kecepatan Hardisk Eksternal
Kecepatan menjadi hal yang mutlak dibutuhkan ketika kita mengakses dan memproses suatu data dari dalam sebuah hardisk. Kecepatan pemrosesan data ini sangat dipengaruhi oleh rotasi piringan dalam hardisk yang sering disebut dengan rpm.
Ritary per minute (rpm) adalah satuan yang digunakan untuk menghitung kecepatan sebuah hardisk dalam memproses data dalam 1 menit. Semakin cepat angka rpm suatu hardisk maka akan semakin bagus harfisk tersebut dalam memproses dan mengakses data. Angka rpm yang sering kita jumpai saat ini adalah 5400 rpm dan 7200 rpm. Jelas bahwa 7200 rpm akan lebih cepat kinerjanya di bandingkan dengan 5400 rpm.
6. Sesuaikan dengan budget Anda.
Ketika Anda memutuskan untuk membeli sebuah harfisk eksternal jangan lupa melihat budget Anda. Karena harga hardisk eksternal ini cukup mahal. Sebagai gambaran bagi Anda untuk ukuran 1TB atau 1000GB  rata-rata harganya bisa mencapai 850 ribu rupiah. So, jangan lupa dari sekarang Anda perlu siapkan tuh dana, biar ga kaget nanti kalo sudah sampai toko..hehe...
Sekian tips bagi Anda yang ingin membeli hardisk eksternal, mudah-mudahan bisa bermanfaat dan menjadi pertimbangan bagi Anda yang ingin membelinya.
Terima kasih.


EmoticonEmoticon