Minggu, 18 Desember 2016

Dasar PHP, Pengenalan PHP



Malam Coders Mania, tak kenal maka tak sayang begitulah kira-kira ungkapan yang tepat bagi kamu yang belum mengenal apa itu php. PHP merupakan singkatan dari Hypertext Preprocessor yang khusus dibuat oleh Rasmus Lerdorf sebagai bahasa pemrograman Web. Tentu kamu tak asing lagi dengan web dan blog yang setiap hari kamu buka, kebanyakan dari blog dan web tersebut memakai teknologi pemrograman PHP ini. PHP merupakan bahasa pemrograman yang bisa disisipkan dalam sebuat sript HTML(HyperText Markup Language) dan berjalan di sisi server (server side). Biasanya digunakan untuk membuat sebuah website yang dinamis. Dalam penggunaanya biasanya PHP akan berhubungan dengan Database sebagai sumber data yang akan di olah dan titampilkan.
 PHP mendukung banyak database (MySQL, Infromi, Oracle, Solid, PostgreSQL, Generic ODB, dll). Dan PHP bersifat open source artinya siapapun dapat menggunakannya secara bebas.

Bagaimana memulai belajar php ? 
Untuk memulai belajar php kita perlu mempersiapkan beberapa hal, yaitu :

1. Install Xampp sebagai Web Server Local



Xampp adalah perangkat yang menggabungkan tiga aplikasi kedalam satu paket yairu Apache, Mysql, dan PHPMyAdmin. Dengan adanya XAMPP ini kita tidak harus menginstall satu persatu aplikasi yang akan kita gunakan. Tinggal install XAMPP maka kita seakan-akan sudah memiliki sebuah server, namun local server.
Untuk mengunduh XAMPP silahkan klik https://www.apachefriends.org/download.html

2.  Install Text Editor Kesukaanmu

Untuk menulis kode-kode php mu, silahkan download salah satu yang kamu suka.Saya sendiri lebih suka menggunakan SublimeText sebagai text editor. Tapi jika kamu pengen pake yang lain silahkan misalnya kamu memilih Notepad++, Atom,Light Table, Bluefish,Brackets dan lainnya.

3. Dasar Pemrograman HTML dan CSS

Saya sarankan agar kedepannya dapat belajar dengan lancar, kamu harus tahu dulu apa itu HTML, bagaimana menggunakan HTML, dan segala sesuatu tentang HTML. Karena sepoerti yang saya singgung di depan php ini merupakan bahasa pemerograman yang disisipkan dalam HTML. Jadi PHP nanti lebih banyak ke logic nya dan HTML dan CSS meng-handle untuk antar muka (tampilannya).

Memulai Dengan "Hello World"

Ok, setelah semua peralatan dan senjatanya ter-install, mari kita mulai pemrograman PHP kita yang pertama. Untuk perkenalan pertama mari kita sapa dunia dengan sapaan "Hello World"

- Buka Tetx Editor kamu dan ketikkan kode berikut ini



- Simpan dengan nama hello_world.php letakkan dalam folder htdocs/belajar_php (misal : C/Xampp/htdocs/belajar_php/hello_world.php)
-  Jalankan Xampp kamu

- Buka Browser dan ketikkan alamat http://localhost/belajar_php/hello_world.php. jika muncul tuliasan "Hello World". Selamat ini adalah program PHP pertamamu.


Semoga bermanfaat... :)


EmoticonEmoticon